SAMBUT MAHASISWA BARU, STIA AMUNTAI GELAR PKKMB SECARA DARING

Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia Khususnya di Kalimantan Selatan tentu mempengaruhi kegiatan akademik di seluruh Perguruan Tinggi termasuk Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai. Berbagai kegiatan yang sebelumnya sudah dialihkan menjadi daring (online), kini juga diterapkan pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai menggelar rangkaian acara PKKMB tersebut selama 2 hari yang diikuti sekitar 612 mahasiswa dengan tema “Mengembangkan Karakter Pancasila untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Memiliki Moralitas, Integritas, Intelektual dan Komitmen Pembangunan”. Di mulai hari Jum’at Tanggal 03 September s/d Sabtu 04 September 2021.

Kegiatan yang disiarkan langsung via zoom meeting, dilaksanakan di ruang 4 dan ruang 5 STIA Amuntai. Ketua Pelaksanaan PKKMB tahun 2021 (Ahmad Baihaqi, S.Sos, M.A) mengajak seluruh mahasiswa baru STIA Amuntai sebagai ajang silaturahmi satu sama lain. Sedangkan dalam sambutannya sekaligus membuka acara PKKMB 2021, Ketua STIA Amuntai (H. Akhmad Riduan, S.Sos, M.AP) menyampaikan tujuan dilaksanakannya PKKMB yaitu merupakan salah satu upaya proses percepatan adaptasi dan pembentukan pribadi mahasiswa yang utuh, berkualitas, sukses dalam studi serta siap menghadapi tantangan masa depan.

Pada acara PKKMB yang dilaksankan 2 hari ini, mahasiswa mendapatkan beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber. Adapun materi tersebut antara lain: “Bahaya Terorisme” yang disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Kemudian materi kedua adalah “tentang Etika Bersosial Media” oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika, kemudian materi ketiga tentang “Bela Negara” yang disampaikan oleh Direktur Bela Negara, Ditjen Pothan, Kementerian Pertahanan, kermudian materi keempat tentang “Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Kebijakan Kampus Merdeka” yang disampaikan oleh H. Akhmad Riduan, S.Sos, M.AP (Ketua STIA Amuntai), kemudian materi kelima tentang “Kegiatan Kemahasiswaan dan Organisasi Mahasiswa” yang disampaikan oleh Reno Affrian, S.Sos, M.AP (WK III Bidang Kemahasiswaan, Informasi dan Kerjasama), kemudian materi keenam tentang “Penggiat Anti Narkoba dan Membangun Kesehatan Mental” yang disampaikan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Hulu Sungai Utara, kemudian materi ketujuh tentang “Kesadaran Lingkungan Hidup dan Kesiagaan Bencana di Perguruan Tinggi” oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kemudian materi kedelapan tentang “Kegiatan dan Pedoman Akademik di Perguruan Tinggi serta Keterkaitan antar Cabang Disiplin Ilmu” yang disampaikan oleh Norsanti, S.Sos, M.AP (WK I Bidang Akademik), kemudian materi kesembilan tentang “Kiat Sukses Belajar di Perguruan Tinggi dan Prospek Dunia Kerja”, yang disampaikan oleh Munawarah, S,Sos, M.AP (Dosen STIA Amuntai) dan materi kesepuluh tentang “Sosialisasi Sistem Administrasi Mahasiswa dan Sosialisasi An Nahl” yang disampaikan oleh Barkatullah, S.Sos, M.A (Kabag BAAK) dan Jumaidi, S.Sos, M.AP(Bendahara Yayasan Bakti Muslimin Amuntai).

Diharapkan dengan adanya kegiatan PKKMB ini, walaupun masih ditengah pandemi Covid-19 baik mahasiswa maupun kampus dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru ini. Dan tetap harus berinovasi untuk mengantarkan calon generasi penerus khususnya mahasiswa, menjadi mahasiswa STIA Amuntai yang Profesional, Berdaya Saing dan Berwawasan Global.

Berikut beberapa dokumentasi saat PKKMB STIA Amuntai berlangsung :

        

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *