MAHASISWA SEMESTER VIID REGULER STIA AMUNTAI MELAKUKAN PENYERAHAN PAKET SEMBAKO DI DESA KAYAKAH KECAMATAN AMUNTAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Mahasiswa Semester VIID Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai melakukan penyerahan paket sembako kepada masyarakat tidak mampu/tidak beruntung di Desa Kayakah Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari mahasiswa yang diinspirasi oleh dosen pengampu mata kuliah Ekonomi Politik (M.Husaini).

Dosen Program Studi Administrasi Publik yang memberikan penyuluhan mengatakan bahwa masyarakat kita yang tidak mampu/tidak beruntung wajib dibantu oleh pemerintah, masyarakat yang mampu dan stakeholder yang memiliki ekonomi yang baik.

 

Mahasiswa sebagai manusia yang berintelektual tinggi mampu untuk bisa memberikan kontribusi yang tidak hanya dalam bentuk materi, tetapi juga dalam bentuk moril. Kontribusi moril ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat dalam menghadapi setiap tantangan hidup, seperti perekonomian yang terjadi di era globalisasi sekarang ini. Peran sebagai mahasiswa tidak hanya di dalam kelas untuk mengikuti pembelajaran formal, akan tetapi lebih dari itu. Maka dari pada itu, mahasiswa semester VIID STIA Amuntai melakukan aksi penyerahan sembako kepada masyarakat yang tidak mampu/tidak beruntung sebagai bentuk keprihatianan mahasiswa. Penyerahan sembako bagi masyarakat tidak mampu/tidak beruntung ini diharapkan dapat meringankan beban hidup yang semakin berat yang dialami oleh kelompok masyarakat tidak mampu.

Menyikapi kondisi beban hidup masyarakat yang  semakin berat belakangan ini, sangat penting bagi kita untuk menyimak apa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau dalam sabdanya menyampaikan bahwa “Barang siapa yang tidak peduli dengan urusan ummatku berarti bukan dari golonganku”. Mahasiswa semester VIID peduli terhadap sesama (hablum minannas) dengan mengumpulkan secara sukarela donasi dari kantung ke kantung mahasiswa, alhamdulillah dapat dikemas sebanyak 30 paket sembako untuk keluarga yang tidak mampu/tidak beruntung.

Kepala Desa Kayakah (Bapak Mursidi), menyambut baik kegiatan penyerahan sembako oleh mahasiswa Semester VIID STIA Amuntai dan beliau mengatakan kedatangan mahasiswa STIA Amuntai membawa berkah kepada warga masyarakat Desa Kayakah, beliau berpesan kalau seandainya ada kegiatan pendidikan/pengajaran, pengabdian maupun penelitian yang nantinya melibatkan Desa Kayakah, kami siap berpartisipasi untuk ikutserta. Mursidi mengatakan, Desa Kayakah salah satu 16 desa di Kecamatan Amuntai Selatan dan bagian dari 114 desa/kelurahan di level Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kami bersyukur desa kami menjadi pilihan utama untuk kegiatan pengabdian mahasiswa. Jumlah RT di Desa Kayakah sebanyak 8 RT dan jumlah penduduk desa ini berjumlah ± 1.000 orang. Warga yang menerima bantuan paket sembako sebanyak 30 orang yang menjadi prioritas utama dari jumlah 46 orang warga desa. Menurut kami, Ini sudah sangat luar biasa, dimana adik-adik mahasiswa peduli terhadap warga kami, kami apresiasi kegiatan ini dan semoga nanti kalau adik-adik mahasiswa sukses semoga ingat dengan orang yang tidak mampu/tidak beruntung dalam segi perekonomian, karena harta orang kaya ada hak sebagian orang yang tidak mampu

 

Sementara itu, Kaukabun Duryah sebagai perwakilan mahasiswa, ia mengatakan, kami bahagia dan senang bisa berada di tengah-tengah masyarakat, dari pintu ke pintu menyerahkan bantuan yang nilainya tidak seberapa, tapi niat mahasiswa membantu sangat luar biasa. Semoga kedepannya kami bisa meningkatkan bantuan untuk masyarakat yang tidak mampu/kurang beruntung ini. Seandainya nanti kami menjadi Bupati, setiap hari dan malam ada petugas yang berkunjung ke pelosok-pelosok desa mencari apakah masih ada warga membutuhkan pendidikan, kesehatan, sembako ataupun perlu kebutuhan lainnya. Karena amanah jabatan ini akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah. Semoga kami bisa bermanfaat untuk ummatnya Rasulullah sehingga beliau bahagia dan senang ketika kami melakukan perbuatan yang mulia/baik. (Mahasiswa Semester VIID)

 

Link Youtobe Pembagian Sembako : https://www.youtube.com/watch?v=fzG7ByEkDRk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *